M. AGUNG TRIWIJAYA
M. FAHMY QLTAL

CERITA CUAN NUSANTARA

Kenalkan M. Agung Triwijaya dari Palembang, yang punya ide produk buku cerita bergambar tentang keuangan dan investasi.

M. Agung Triwijaya dan rekannya, Muhammad Fahmi Qital, percaya bahwa proses mentorship ini akan membuat Cerita Cuan Nusantara jadi solusi edukasi yang pas buat semua umur, semua gender dan semua profesi.

Cerita Cuan Nusantara, Komik Keuangan Dengan Kearifan Lokal
Target: Publik, khususnya first jobber (usia 22-26). Ide produk ini punya keunggulan sebagai berikut. Pertama, buku komik ini diambil dari cerita rakyat Indonesia yang ditulis ulang dengan konteks hari ini. Belum ada produk edukasi keuangan dan investasi di Indonesia yang bentuknya komik.

Kedua, bentuknya digital (website) dengan 4 series (tema berbeda). Ketiga, jumlah halaman relatif aman disimak, yaitu 20-25 halaman.

Video Journey Cerita Cuan Nusantara


ANISZA HASMAWATI
ANDANI I. KUSUMAWARDANI

MENGELOLA KEUANGAN SYARIAH FOR KIDS

Maker Anisza Hasmawati dan rekannya Andani Ismira, bermimpi untuk dapat mengenalkan ekonomi keuangan syariah kepada anak usia dini.

Lewat InFest Inkubasi, Anisza dan Andani berharap produk Mengelola Keuangan Syariah For Kids dapat menjadi media pembelajaran keuangan dan investasi syariah yang tepat dan juga menyenangkan.

Mengelola Keuangan Syariah For Kids, Book Series Belajar Syariah
Target: Orang Tua Muslim, Anak-Anak Usia 4-6 tahun, Tenaga Pengajar PIAUD. Baca keunggulan produk ini. Pertama, buku seri dimulai dengan pengenalan fungsi uang serta aktivitas ekonomi syariah seperti jual beli, menabung, pinjam meminjam, sampai aktifitas berbagi dan donasi.

Kedua, book series dengan tema dan pembelajaran yang berkelanjutan. Ketiga, produk edukasi ini dapat digunakan secara mandiri di rumah dan juga digunakan di lembaga sekolah seperti PAUD.

Video Journey Mengelola Keuangan Syariah For Kids


RAISSA SHOFI AMANI
ERIKA NOOR DIANTI
NAFIATUL FAIZA FIRDAUS

MY FIRST 100M

Raissa Shofi Amani dan tim yaitu Erika Noor Dianti dan Nafiatul Faiza Firdaus. Mereka ingin meningkatkan literasi keuangan dan investasi di Indonesia dengan cara yang menyenangkan melalui mobile game.

Keinginan kuat ini yang membuat tim menginisiasi ide produk permainan My First 100M.

My First 100M, Simulasi Seru Kelola Keuangan dan Investasi
Target: Publik usia 15-35 tahun. Kamu harus simak keunggulan My First 100M ini. Pertama, permainan ini mengangkat setting kehidupan kota yang nyata. Ada rumah sakit, ada bank, ada gedung pemerintah, ada kantor, ada sekolah, lengkap!

Kedua, pemain bisa membuat profile dengan tampilan kearifan lokal (memakai baju adat). Ketiga, tahap kehidupan yang lengkap: pelajar, mahasiswa, pekerja. Dituntut untuk mengembangkan modal menjadi 100 juta, dengan pilihan: menabung atau konsumsi.

Video Journey My First 100M


IQBAL HAKIM ARDIANSYAH
HAFIDZ M. YUDHAIFA
FAJAR FADILAH HARRIS

GAME OF LIFE

Maker Iqbal Hakim Ardiansyah, punya misi untuk membuat anak muda usia produktif bisa menabung dan tidak membuat keputusan impulsif terkait keuangan dan investasi.

Bersama Fajar Fadilah Haris dan Hafidz Muhammad Y, tim Game of Life ingin mendorong agar anak muda bisa lebih mindful membuat keputusan finansial, lewat game yang simple.

Game of Life, Permainan Bikin Keputusan Finansial Yang Mindful
Target: Publik usia 15-34 tahun, punya smartphone, menyukai game ringan. Berikut ini keunggulan Game of Life. Pertama, Game of Life ini simulasi learning by doing dengan keputusan finansial yang relate dengan kehidupan nyata (bekerja, PHK, bencana alam, kecelakaan, insentif lembur, dll).

Kedua, Game of Life mengenalkan konsep finansial, instrumen finansial, serta keputusan finansial yang harus diambil. Ketiga, permainan diawali dari level mahasiswa.

Video Journey Game of Life


M. AGSEL LEONAS
TAUFIQ MAHENDRA
FARHAN HARDIANTORO

INVESTOPIA

Pembangunan habit mengelola keuangan dan investasi pada usia anak-anak menjadi inspirasi bagi M. Agsel Leonas dan kedua rekan, Taufiq Mahendra dan Farhan Hadiantoro, menciptakan Investopia.

Dengan cara yang menyenangkan, M. Agsel Leonas dan tim merancang agar Investopia jadi permainan papan yang bisa diandalkan untuk belajar keuangan dan investasi buat anak.

Investopia, Permainan Papan Anak Untuk Kelola Keuangan
Target: Anak usia 7 - 15 tahun. Apa saja keunggulan Investopia? Pertama, permainan ini melatih dan memberikan pengalaman kepada pemain agar kreatif dalam mengelola pendapatan, keuangan, utang, serta membangun habit investasi dengan tetap ada pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Kedua, setiap kotak papan permainan memiliki permasalahan yang sering dihadapi oleh anak-anak di kehidupan sehari-hari. Ketiga, menjadi media pembelajaran kreatif dan study case kehidupan sehari-hari.

Video Journey Investopia


RUCHENI
INDAH PUSPITA SARI

EDUFIMENT

Kenalkan, Rucheni dari Cilegon yang punya semangat meningkatkan literasi keuangan dan investasi di Indonesia, lewat permainan hybrid.

Duo Rucheni dan Indah Puspitasari menginisiasi lahirnya Edufinment, solusi aktivitas belajar keuangan dan investasi dengan cara asyik, bisa diakses kapan saja, tanpa internet dan dengan internet.

Edufiment, Permainan Hybrid Tentang Keuangan dan Investasi
Target: Semua masyarakat, tidak terbatas usia dan lokasi. Apa keunggulan Edufinment? Punya dua format permainan: Pertama, permainan ular tangga berbasis web yang akan berisi materi, kuis, praktik dan perencanaan keuangan. Kedua, permainan ular tangga papan (dimainkan offline) yang akan berisi materi, kuis, praktik dan perencanaan keuangan.

Selain itu, permainan papan Edufinment dapat digunakan oleh teman-teman yang ada di pelosok dan tanpa internet. Permainan yang versi web bisa dimainkan di smartphone dengan internet.

Video Journey Edufiment